epie nyu yier

Desember 31, 2007

….Selamat tahun baru semua….

Perayaan tahun baru menurut legenda sudah berada beribu-ribu tahun sebelum sekarang. sekitar 4000 tahun yang lalu di Babilonia mereka memperingati perayaan tahun baru ini pada saat saat bullan baru muncul (mungkin penghitungan hari waktu itu masih berdasarkan peredaran bulan) pada saat dimulainya awal musim semi. saat ini dianggap sebagai sebagai suatu bentuk kelahiran kembali dimana awal musim semi digunakan masyarakat sebagai saat untuk kembali menanam tanaman baru panen. Musim semi juga berhubungan sekali dengan bunga. Perayaan tahun baru waktu itu dirayakan selama 11 hari.

Perayaan tahun baru yang diperingati setiap tanggal 1 dimulai sejak zaman Romawi, saat itu kaisar terlebih dahulu harus bertahan selama 445 hari agar hitungan kalender dapat di sinkronisasikan dengan peredaran matahari. sejak itu selama ber abad-abad Roma merayakan perayaan tersebut, pada awalnya gereja katolik mengutuk perayaan tersebut sebagai suatu bentuk penyembahan terhadap berhala. dengan semakin berkembangnya ajaran agama ini abad pertengahan negara2 barat telah merayakan 1 januari sebagai perayaan tahunan.

Tradisi perayaan tahun baru di warnai dengan berbagai simbol dari pemakaian kereta yang di kalungi berbagai tanaman atau bunga, sampai bayi. menggunakan bayi sebagai simbol perayaan tahun baru di mulai di yunani sekitar 600 BC dengan berpawai menaruh bayi di dalam keranjang. hal ini ada hubungannya dengan Dionysus atau dewa kesuburan. orang mesir pun pernah menggunakan bayi sebagai lambang kelahiran kembali.

Walaupun gereja menentang perayaan tersebut sebagai suatu bentuk penyembahan terhadap berhala, ketenaran perayaan tersebut memaksa gereja untuk meninjau ulang kebijaksanaan mereka. gereja kemudian mengijinkan anggotanya untuk melaksanakan perayaan tersebut dengan menggunakan bayi sebagai simbol sebagai bentuk penandaan kelahiran bayi Yesus.

Harapan akan di masa depan yang lebih baik dari masa sebelumnya membawa beberapa tradisi. tamu yang datang pertama kali dianggap menandakan keburuntungan dan juga nasib buruk. jika yang datang pertama kali adalah seseorang yang memiliki badan yang tinggi dan berambut gelap maka dipercaya akan membawa keberuntungan. makan donut di hari perayaan tahun baru juga dipercaya akan membawa keberuntungan.

*sumber :terjemahan ngaco dari sini.

Apapun bentuk tanggapan dan persepsi terhadap perayaan tersebut, pro atau kontra saya tetap akan merayakan perayaan tersebut dengan BBQ huhuhuu. Dengan acara pesta dan hurahura itu saya hendak memaknai peringatan tahun baru ini sebagai tolak ukur, titik nol dalam pergerakan kehidupan saya di tahun 2008 nanti. Akankah di tahun 2008 nanti terjadi kenaikan atau penurunan kualitas kita lihat saja nanti. melalui tulisan ini saya juga ingin mengucapkan selamat tahun baru tuk semua.

……selamat tahun baru yaaa….

……….epie nyu yier……….

note: dengan di tutupnya tahun 2007 maka di tutup juga comment di postingan ini, dan dengan postingan ini maka ditutup jugalah blog ini. huhuhuhu

c ya….

———————————————–

update 31 des 2007 05.39 PM

2 hari nggak ngeliat TV membuat saya ketinggalan berita. Sampai-sampai saya nggak tau beberapa daerah di jawa tengah dan jawa timur tergenang banjir. Buat yang terkena musibah dan sedang berjuang kuatkan hatimu yah…. moga2 korban nyawa ataupun harta benda dapat di tekan seminim mungkin. Yang sabar yah…….

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: